Teori 'Partikel Tuhan' Raih Nobel Fisika  

Written By Unknown on Rabu, 09 Oktober 2013 | 10.44

TEMPO.CO, Stockholm – François Englert dan Peter W. Higgs dianugerahi Penghargaan Nobel di bidang Fisika. Keduanya mendapat penghargaan atas teori tentang bagaimana partikel memperoleh massa.

Pada tahun 1964, mereka mengusulkan teori bagaimana bintang dan planet dibangun dengan memprediksi keberadaan partikel Higgs. Lalu, pada tahun 2012, teori mereka berhasil dikonfirmasi kebenarannya di laboratorium milik Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN) di dekat Jenewa, Swiss.

Dikutip dari Nobel Prize, partikel Higgs merupakan unsur dasar menciptakan massa untuk membentuk bintang dan planet, termasuk bumi. Penemuan ini disebut sebagai salah satu yang paling penting dalam ilmu fisika.

Beberapa kalangan menyebut partikel ini "Partikel Tuhan" karena perannya dalam mengubah dentuman besar menjadi alam semesta (kosmos) yang tertata.

François Englert adalah warga Belgia. Ia lahir tahun 1932 di Etterbeek, Belgia. Englertd meraih gelar sarjana pada tahun 1959 dari Université Libre de Bruxelles, Brussels, Belgia. Ia juga mendapatkan gelar profesor dari universitas ini.

Sementara itu, Peter W. Higgs adalah keturunan Inggris. Ia lahir pada tahun 1929 di Newcastle, Inggris. Ia meraih gelar sarjana pada tahun 1954 dari King College, Universitas London, Inggris. Ia dianugerahi gelar profesor di Universits Edinburgh, Inggris. Kini, ia telah pensiun.

NOBEL PRIZE | ANINGTIAS JATMIKA

Berita Terpopuler Lainnya
Jawara, Ulama, dan Golkar dalam Dinasti Ratu Atut
KPK Geledah Kantor Adik Atut di Mega Kuningan
Adik Prabowo Tolak Rp 500 Miliar dari Jokowi
Airin Sebaiknya Jangan Pulang Dulu dari Amerika
Filosofi Permen ala Jokowi


Anda sedang membaca artikel tentang

Teori 'Partikel Tuhan' Raih Nobel Fisika  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/10/teori-partikel-tuhan-raih-nobel-fisika.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Teori 'Partikel Tuhan' Raih Nobel Fisika  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Teori 'Partikel Tuhan' Raih Nobel Fisika  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger