Tiga Ilmuwan Amerika Gondol Nobel Kimia  

Written By Unknown on Kamis, 10 Oktober 2013 | 10.44

TEMPO.COStockholm – Kabar baik datang untuk Amerika di tengah krisis pemerintahan yang tengah dihadapinya sejak seminggu lalu. Ketiga ilmuwan asal Negeri Abang Sam ini berhasil meraih Nobel Kimia 2013.

Dalam siaran pers yang diumumkan laman resmi Nobel Prize, Rabu, 9 Oktober 2013, ketiga ilmuwan Amerika peraih penghargaan Nobel Kimia tahun ini adalah Martin Karplus, Michael Levitt, dan Arieh Warshel. Ketiganya berasal dari universitas yang berada di Amerika. Martin berasal dari Universitas Cambridge, sementara Michael berasal dari Universitas Stanford dan Arieh berasal dari Universitas Southern California.

Para kimiawan ini mendapatkan penghargaan Nobel atas temuan model multiskala untuk sistem kimia kompleks. Mereka membuat model molekul dengan menggunakan bola plastik dan tongkat. Kini pemodelan tersebut dipakai dalam komputer.

Pada 1970-an, Martin Karplus, Michael Levitt, dan Arieh Warshel meletakkan dasar untuk program yang kuat yang digunakan untuk memahami dan memprediksi proses kimia di perangkat komputer. Model komputer ini telah menjadi dasar penting bagi sebagian besar kemajuan teknologi kimia saat ini.

Dengan perkembangan teknologi yang tak terbendung lagi, komputer menjadi sama pentingnya dengan beragam peralatanlan boratorium. Simulasi komputer ini begitu realistis. Ilmuwan bisa memprediksi setiap eksperimen kimia seperti halnya sedang bekerja di dalam laboratorium.

NOBEL PRIZE | ANINGTIAS JATMIKA

Berita populer:
Ini Aliran Transaksi Mencurigakan Akil Mochtar
Inilah Orang yang Diduga Tampung Duit Akil
Ibu Vicky Prasetyo Diperiksa Polisi
APBD Bocor Dinsinyalir Jadi Aset Keluarga Atut


Anda sedang membaca artikel tentang

Tiga Ilmuwan Amerika Gondol Nobel Kimia  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/10/tiga-ilmuwan-amerika-gondol-nobel-kimia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiga Ilmuwan Amerika Gondol Nobel Kimia  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiga Ilmuwan Amerika Gondol Nobel Kimia  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger