Dipatenkan, iPhone Bakal Gunakan Sensor Wajah?

Written By Unknown on Kamis, 05 Desember 2013 | 10.44

TEMPO.CO, JakartaApple Inc. terus melakukan inovasi. Seakan tak mau kalah dari pesaingnya, Apple buru-buru mendaftarkan sebuah paten teknologi yang menggunakan sensor wajah.

Perusahaan yang berpusat di Sillicon Valley ini menyebut paten teknologi di masa depan sebagai "kontrol perangkat komputasi pribadi menggunakan deteksi wajah dan pengenalan".

Apple tampaknya berniat menggunakan teknologi ini untuk produk iPhone di masa depan. Sebab, paten teknologi ini akan menjadikan wajah bertindak sebagai kata sandi untuk beberapa fitur seperti panggilan telepon, menerima e-mail, maupun aktivitas ponsel lainnya. Tak hanya itu, tingkat keamanan produk ponsel pintar Apple juga akan lebih aman.

Sensor pengenalan wajah ini bekerja untuk mendeteksi wajah pemiliknya. Dimulai dengan memindai wajah pengguna untuk merekam semua fitur yang unik, seperti tekstur, warna, ukuran, dan bentuk. Pengguna juga bisa menjalankan proses yang sama untuk orang lain yang diizinkan untuk menggunakan iPhone miliknya.

Untuk panggilan masuk, ponsel akan memindai wajah Anda untuk memastikan apakah cocok dengan yang terekam. Dengan kata lain, mencocokkan apakah penerima panggilan adalah pengguna yang berwenang dan sesuai dengan sensor wajah. Jika cocok, Anda bisa menerima panggilan masuk dan ponsel akan menampilkan layar panggilan masuk seperti biasa. Jika tidak, ponsel akan tetap dalam mode terkunci dan hanya terdengar nada deringnya saja.

Keamanan yang sama juga berlaku untuk e-mail yang masuk. Ketika pengguna menatap wajahnya di layar iPhone, ponsel akan mendeteksi dan menampilkan e-mail. Sensor wajah ini bisa digunakan untuk menyembunyikan atau memblokir pesan terbaru.

"Teknologi ini kemungkinan besar akan digunakan oleh Apple pada perangkat ponselnya. Namun, Apple juga berpikir akan menggunakannya pada perangkat lain, termasuk pada televisi, PDA, dan komputer," demikian yang tertulis pada laman CBS News yang mengutip Apple Insider, Rabu, 4 Desember 2013.

Meski paten telah disetujui, bukan berarti teknologi ini akan segera menjadi kenyataan. Sebelumnya Apple telah selangkah lebih maju dengan evolusi sandi dengan memperkenalkan sensor sidik jari pada perangkat iPhone 5S. Sensor pengenalan wajah sebelumnya sudah lebih dulu digunakan pada produk lain, seperti Kinect Microsoft dan Playstation Sony.

CBS NEWS | ROSALINA

Berita lain:
Ilmuwan Temukan HIV Jenis Baru yang Sangat Agresif
Smartfren Tak Takut Bersaing dengan GSM 
Ungguli Xbox One, Sony Jual 2,1 Juta PS4 
Kontrasepsi bagi Pria, Mungkin Saja 
Nokia Menang, HTC One Mini Dilarang di Inggris 
Smartfren Garap Solusi Teknologi bagi Perusahaan 
Ada Belalang Sembah Serupa Bunga 
Batan Ciptakan Varietas Kedelai Super Genjah


Anda sedang membaca artikel tentang

Dipatenkan, iPhone Bakal Gunakan Sensor Wajah?

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/12/dipatenkan-iphone-bakal-gunakan-sensor.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dipatenkan, iPhone Bakal Gunakan Sensor Wajah?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dipatenkan, iPhone Bakal Gunakan Sensor Wajah?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger