Apple Bidik Konsumen Perusahaan

Written By Unknown on Sabtu, 11 Januari 2014 | 10.44

TEMPO.CO, Jakarta--Apple yang sudah populer di tengah persaingan perangkat bergerak personal, kini tengah memperkuat bisnisnya dengan membidik konsumen perusahaan. Popularitas iPhone dan iPad di antara para pegawai, rupanya dijadikan peluang bagi Apple untuk mengubah model bisnis.

iPhone terbukti sukses menggantikan BlackBerry sebagai ponsel cerdas untuk menunjang pekerjaan, begitu juga dengan iPad yang menggeser komputer. Lembaga riset Forrester menyebutkan, pada 2012 Apple berkontribusi sebesar 8 persen dari total penggunaan perangkat bergerak di lembaga pemerintahan Amerika Serikat.

Pada 2009, penggunaan produk Apple oleh pegawai negeri hanya sekitar 1 persen. Apple melihat adanya peluang yang baik berdasarkan peningkatan tersebut. Forrester memprediksi pada 2015, penggunaan akan naik sebesar 15 persen. Estimasi tersebut diluar dari penggunaan iPhone, produk yang paling banyak digunakan konsumen per orangan.

Produsen peralatan listrik LG&E and KU Energy LLC merupakan perusahaan yang mayoritas pegawainya menggunakan iPhone sejak 2010. Mereka juga menggunakan iPad yang dilengkapi dengan aplikasi khusus untuk membantu kegiatan survei lewat helikopter. Aplikasi yang dibenamkan itu dilengkapi dengan global positioning system (GPS) untuk memudahkan pencarian lokasi yang mengalami gangguan listrik.

"Selama beberapa tahun, kami berusaha menemukan cara yang secara otomatis dapat mendeteksi gangguan listrik," ujar Manager of Transmission-line Services LG&E and KU, Robby Trimble, seperti dilansir Wall Street Journal, Jumat 10 Januari 2014. Dia mengatakan, melalui aplikasi yang ada di iPad, proses pendeteksian menjadi lebih mudah.

Sedangkan tim teknisi di perusahaan itu menjalankan pembangkit listrik melalui aplikasi yang juga dibenamkan di iPad. Manajer di tempat produksi menggunakan sabak digital tersebut untuk memindai kode (barcode) dan melacak perlengkapan produksi serta material.

"iPhone mengawali penggunaan perangkat Apple untuk bekerja," kata Chief Executive JAMF Software LLC, yang menangani peranti lunak di perangkat Apple bagi perusahaan. JAMF mengklaim mampu menjalankan peranti lunak di produk Apple hingga lima kali lebih baik dibandingkan tiga tahun lalu.

Adapun perusahaan penyedia jaringan Cisco sudah menjadikan perangkat Apple sebagai produk yang umum digunakan pegawainya. Raksasa teknologi informasi ini mengadaptasi slogan "Membawa perangkat milik Anda" atau "Bring your own device" sejak 2009. Perusahaan membayar tagihan jaringan nirkabel karyawannya.

Penggunaan laptop Apple, MacBook, di perusahaan itu juga turut terdorong. Terlebih setelah Cisco menawarkan pilihan bagi karyawannya untuk mengganti laptop berbasis sistem operasi Windows.

Melihat sejarahnya, Apple tidak banyak menjual produknya bagi konsumen korporasi. Di bawah kepemimpinan Tim Cook, Apple perlahan ingin mengubah manajemen di perusahaan dengan menghadirkan peranti lunak yang menunjang produktivitas. Mereka juga meningkatkan sistem kemanan data di iPhone dan iPad.

WALL STREET JOURNAL | SATWIKA MOVEMENTI

Baca juga:
Wow, Pesawat Terbang Bermesin Honda Jazz
PlayStation Now, Layanan Streaming Berbasis Cloud
Gmail dan Google+ Sekarang Terintegrasi
Mau Pesan Restoran? Pakai Aplikasi Qraved


Anda sedang membaca artikel tentang

Apple Bidik Konsumen Perusahaan

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2014/01/apple-bidik-konsumen-perusahaan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Apple Bidik Konsumen Perusahaan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Apple Bidik Konsumen Perusahaan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger