715 Planet Baru Tertangkap Lensa Kepler

Written By Unknown on Kamis, 27 Februari 2014 | 10.44

TEMPO.CO, California - Para ilmuwan menambahkan daftar planet lain di luar tata surya kita, setelah ditemukan 715 lebih planet baru. Planet-planet baru itu tertangkap teleskop Kepler yang dioperasikan National Aeronautics and Space Administration Amerika Serikat. Dengan demikian, hingga kini jumlah keseluruhan planet yang berhasil diamati menjadi 1.700 planet.

Di antara planet-planet baru itu, terdapat empat planet yang ukurannya 2,5 kali lebih besar dari Bumi, dengan permukaan mirip air. Teleskop, diluncurkan pada tahun 2009, menghabiskan empat tahun untuk mengamati 160 ribu bintang target yang melintas.
Penghitungan planet diumumkan pada konferensi pers NASA pada Rabu.

"Kini jumlah planet yang dikenal umat manusia hampir dua kali lipat jumlah sebelumnya," kata astronom Douglas Hudgins, kepala eksplorasi planet di Markas NASA di Washington, mengatakan kepada wartawan dalam sebuah konferensi pers.

Ledakan populasi planet ini, katanya, karena teknik verifikasi baru yang menganalisis planet potensial dalam kumpulan, tidak satu per satu. Metode ini dikembangkan setelah para ilmuwan menyadari bahwa sebagian besar planet-planet itu, seperti yang ada pada tata surya kita, mengorbit pada bintang induk yang sama.

Planet-planet yang baru ditemukan memperkuat bukti bahwa planet kecil, dua sampai tiga kali ukuran Bumi, umum di seluruh galaksi.

"Secara harfiah, di mana pun Kepler dapat melihat mereka, menemukan mereka," kata astronom Sara Seager dari Massachusetts Institute of Technology. "Itulah mengapa kita memiliki keyakinan bahwa akan ada planet seperti Bumi di tempat lain."

Seperti tata surya kita, yang memiliki delapan planet ditambah Pluto dan lainnya yang disebut "planet kerdil", eksoplanet juga memiliki banyak planet-planet lain.

Tapi tidak seperti planet-planet di tata surya kita, terbentang dari Mercury hingga Neptunus sekitar 150 kali lebih jauh dari matahari dari Bumi, kumpulan planet yang diamati Kepler berdekatan. Sebagian besar planet berputar lebih dekat dengan bintang induknya daripada Venus mengorbit matahari, yang jaraknya sekitar 67 juta mil (108 juta km).

NASA dan lembaga antariksa lainnya sedang merancang teleskop untuk membidik "zona layak huni" di sekitar bintang induknya, di mana suhunya cocok untuk air. Pengamatan Kepler ini baru akan dipublikasi dalam edisi mendatang The Astrophysical Journal.

REUTERS | TRIP B

Berita Lain
Zuckerberg dan Bos Whatsapp Berpesta di Barcelona 
Sepi Pengguna, Facebook Tutup @Facebook.com 
Mark Zuckerberg Jadi Gurita di Harian Jerman 
WeChat Enggan Disamakan dengan Facebook


Anda sedang membaca artikel tentang

715 Planet Baru Tertangkap Lensa Kepler

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2014/02/715-planet-baru-tertangkap-lensa-kepler.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

715 Planet Baru Tertangkap Lensa Kepler

namun jangan lupa untuk meletakkan link

715 Planet Baru Tertangkap Lensa Kepler

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger