Setelah Blokir Twitter, Turki Larang YouTube  

Written By Unknown on Jumat, 28 Maret 2014 | 10.44

TEMPO.CO, Ankara - Setelah pekan lalu memblokir jejaring sosial Twitter, pemerintah Turki dilaporkan memblokir layanan berbagi video YouTube pada Kamis, 27 Maret 2013. (Baca: Turki Akhirnya Blokir Twitter). Turki sebelumnya dilaporkan telah meminta Google, pemilik YouTube, untuk menurunkan video-video yang mengganggu mereka. Namun, Google enggan menuruti karena tak sesuai dengan prinsip kebebasan bersuara.

Menurut Associated Press, pemblokiran ini terjadi hanya beberapa jam setelah satu akun anonim mengunggah rekaman pembicaraan Kepala Intelejen Turki dengan Menteri Luar Negeri yang membahas kemungkinan operasi militer di Suriah, tetangga Turki. Kepada Reuters, Google menyatakan sedang mencari laporan benarkah pengguna Turki tak bisa mengakses layanan YouTube.

Turki kian kalap. Pekan lalu, setelah muncul bocoran rekaman pembicaraan yang mengkaitkan Perdana Menteri Recep Teyep Erdogan dengan kasus korupsi, negeri di gerbang Eropa itu menutup Twitter. Pengguna Twitter di Turki bersiasat mengakses Twitter lewat DNS Google. Namun, jalur DNS Google akhirnya juga diblokir. Sebagian pengguna masih bisa mengakali agar tetap bisa mengakses Twitter dan mengabarkan kondisi ini kepada dunia. (Baca: Setelah Twitter, Turki Blokir DNS Google)

Seorang pengguna di Turki, Zeynep Tufekci, Kamis malam lewat Twitter mengabarkan aksi memblokir Youtube ini lewat akun Twitternya @Zeynep. Otoritas telekomunikasi di Turki, TIB, mengkonfirmasi pemblokiran ini lewat situs mereka www.tib.gov.tr. Ini bukan pemblokiran YouTube pertama kalinya oleh Turki. Pada 2007, Turki juga sempat memblokir YouTube.

NUR ROCHMI | TIME | MASHABLE 

Topik terhangat:
MH370 | Kampanye 2014 | Jokowi | Prabowo | Dokter TNI AU

Berita terpopuler
Jika MH370 Dibajak, MAS Wajib Berikan Asuransi
Satelit Thailand Temukan 300 Serpihan Diduga MH370
I Love You, Ucapan Terakhir Pramugara MH370


Anda sedang membaca artikel tentang

Setelah Blokir Twitter, Turki Larang YouTube  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2014/03/setelah-blokir-twitter-turki-larang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Setelah Blokir Twitter, Turki Larang YouTube  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Setelah Blokir Twitter, Turki Larang YouTube  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger