NASA Curiosity Temukan Batu yang Mirip Batuan Bumi di Mars

Written By Unknown on Sabtu, 13 Oktober 2012 | 10.44

Sabtu, 13 Oktober 2012 | 08:46 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - NASA Curiosity menemukan batu yang tak biasa dalam penjelajahan ke Planet Mars. Obyek piramidal yang dijuluki "Jake Matijevic" ini memiliki komposisi yang belum pernah ditemukan di planet itu sebelumnya.

Batu yang ditemukan itu memang tak biasa, tetapi sangat terkenal di bumi. Batu ini terbuat dari magma yang membeku secara perlahan dalam tekanan tinggi. "Batu yang ditemukan di planet merah itu juga ditemukan di bumi seperti di Hawaii, St. Helena, Azores, dan di zona keretakan seperti Rio Grande," kata Pasadena, ketua tim peneliti dari Institut Teknologi California. Menurutnya, jenis batu ini memang tidak umum, tetapi cukup dikenal di bumi.

Yang tak kalah menarik, batu Jake Matijevic tersebut terlihat seperti lapuk. Ternyata batu itu pun memiliki komposisi tinggi mineral sodium dan kalium. Tetapi, rendah akan magnesium dan besi.

"Sebuah proses serupa terjadi di lapisan magma beberapa kilometer di bawah tanah yang kemudian memunculkan batuan bersifat alkali seperti Jake Matijevic ini," ujar Edward Stolper, salah satu peneliti. Menurutnya, komposisi batu temuan ini sangat dekat dengan proses magma yang mengkristal ataupun yang pecah di beberapa tempat di bumi.

Curiosity mendarat di kawah Crater, wilayah khatulistiwa Mars pada Agustus lalu. Hingga saat ini ia sudah melakukan perjalanan sejauh 500 meter ke arah timur.

BBC | ISMI WAHID

Berita Lain:
Taeyang, Pemuas Dahaga Konser Bigbang
Konser Bigbang Berikan Histeria Galaxy
Bigbang, Bukan Boysband Biasa
Gerindra Mulai Gencar Lobi Elite Amerika
Prabowo Emoh Minta Visa ke Amerika


Anda sedang membaca artikel tentang

NASA Curiosity Temukan Batu yang Mirip Batuan Bumi di Mars

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/10/nasa-curiosity-temukan-batu-yang-mirip.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

NASA Curiosity Temukan Batu yang Mirip Batuan Bumi di Mars

namun jangan lupa untuk meletakkan link

NASA Curiosity Temukan Batu yang Mirip Batuan Bumi di Mars

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger