Panggilan Cerpelai Mirip Dengan Pola Manusia

Written By Unknown on Jumat, 18 Januari 2013 | 10.44

Jum'at, 18 Januari 2013 | 04:45 WIB

TEMPO.CO , Jakarta --- Panggilan hewan cerpelai kemungkinan lebih fasih dibandingkan dengan hewan-hewan yang lainnya. Para peneliti mengatakan bahwa makhluk tersebut menggabungkan unit suara seperti manusia yaitu dengan mengumpulkan konsonan dan vokal untuk membentuk satu suku kata. "Fakta tersebut ditemukan pada spesies yang sederhana seperti cerpelai," ujar peneliti David Jansen dari Universitas Zurich.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa panggilan sederhana dari spesies lain seperti katak dan kelelawar mungkin berisi isyarat vokal dengan pengkodean yang lebih kompleks. Untuk penelitian ini, Jansen dan rekan-rekan mengikuti cerpelai (Mungos mungo) di Taman Nasional Queen Elizabeth, Uganda barat.

Mereka hidup dalam kelompok sosial sekitar 20 orang dewasa. Panggilan mereka berlangsung antara 50 hingga 150 milidetik dan dianggap mewakili satu suku kata. Ini memungkinkan mereka untuk mempertahankan kohesi kelompok dan mengkoordinasikan kegiatan seperti mencari makan.

Para peneliti mencatat panggilan binatang satu sama lain dan mencermati aktivitas apa yang dilakukannya. Tim menemukan pola dalam panggilan itu. Ada suara awal yang tampaknya memberikan informasi tentang identitas pemanggil. Dan suara kedua menunjukkan aktivitas si pemanggil. Penelitian rinci mereka telah dipublikasikan dalam jurnal BMC Biology.

"Ini menunjukkan bahwa cerpelai menggabungkan vokal seperti segmen yang dianggap unik untuk ucapan manusia," kata Jansen. Tim sembari mencatat bahwa elemen tersebut mungkin ditemukan dalam panggilan hewan lain yang berbicara satu sama lain dalam suku kata tunggal.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID


Anda sedang membaca artikel tentang

Panggilan Cerpelai Mirip Dengan Pola Manusia

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/01/panggilan-cerpelai-mirip-dengan-pola.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Panggilan Cerpelai Mirip Dengan Pola Manusia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Panggilan Cerpelai Mirip Dengan Pola Manusia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger