Penyu Sisik Ternyata Monogami  

Written By Unknown on Selasa, 05 Februari 2013 | 10.44

Selasa, 05 Februari 2013 | 06:32 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Sejumlah ilmuwan dari Universitas East Anglia, Norwich, berhasil mengungkap kehidupan seks penyu sisik. Hewan yang terancam punah ternyata menjalani kehidupan seks monogami. Para betina menyimpan sperma dari satu jantan dan menggunakannya untuk membuahi telur.

Studi tentang  kehidupan seks penyu selama ini jarang sekali dilakukan. Penelitian biasanya hanya mengamati  tentang kebiasaan kawin hewan ini yang hidup  air dan seringkali ke arah laut. Penemuan terbaru tentang kehidupan seks penyu ini membuka wawasan baru tentang penyu. Penelitian para ilmuwan dari Universitas East Anglia ini telah diterbitkan dalam jurnal Molecular Ecology.

Penyimpan sperma ditemukan pada hewan termasuk reptil, burung, dan beberapa kura-kura. Para peneliti melakukan uji DNA dari tukik penyu sisik di pulau Cousine, Seychelles untuk megidentifikasi berapa banyak pejantan yang terlibat membuahi telur semasa musim kawin.

Pengujian menunjukkan sistem kawin monogami. Sebagian besar telur hanya dibuahi oleh satu pejantan. Tak ada pejantan yang membuahi lebih dari satu betina selama musim kawin 75 hari itu. "Kami terkejut bahwa sebenarnya mereka monogami. Secara genetik sebenarnya pengecualian dalam kebanyakan hewan, bukan aturan," kata Dr David Richardson, anggota tim peneliti.

Penyu sisik diidentfikasi sangat terancam punah oleh International Union for the Conservation of Nature setelah bertahun-tahun diburu untuk cangkang mereka. Perkawinan sering terjadi di laut. Tapi menurut penelitian dengan menguji sampel DNA dari tukik, para peneliti mampu mengumpulkan informasi yang tidak mungkin dari observasi saja.

BBC | ISMI WAHID


Anda sedang membaca artikel tentang

Penyu Sisik Ternyata Monogami  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/02/penyu-sisik-ternyata-monogami.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penyu Sisik Ternyata Monogami  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penyu Sisik Ternyata Monogami  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger