Jerman Gelar Kompetisi Robot Tanggap Darurat  

Written By Unknown on Kamis, 03 Oktober 2013 | 10.44

TEMPO.COBerchtesgaden – Inovasi dalam teknologi tidak akan pernah berhenti. Salah satu inovasi terbaru dalam dunia teknologi, khususnya dalam dunia robot, adalah diciptakannya robot pertempuran yang tanggap pada keadaan darurat.

Dilaporkan laman Discovery News, Selasa, 1 Oktober 2013, sebuah kompetisi robotika yang disebut euRathlon diadakan di Berchtesgaden, Jerman. Terdapat 14 tim yang melakukan uji kecerdasan, otonomi, dan kemampuan robot melalui tiga skenario bencana.

Tiga skenario bencana tersebut akan menguji keberanian robot dalam penanganan terhadap bahan berbahaya, penyelamatan bawah tanah dari lingkungan penuh asap, serta pengintaian dan pengawasan. Robot akan mendapat nilai tambah jika mereka bisa melakukan navigasi otonom menggunakan GPS.

Menariknya, kompetisi yang berlangsung pada 23-27 September 2013 silam ini dibuka untuk umum dan dilaksanakan di stasiun kereta api. Ini membuat para pengguna kereta api dan masyarakat umum lainnya bisa belajar dan berkenalan dengan si robot pintar.

Terdapat dua tim pemenang dalam kompetisi ini. Pemenang pertama adalah Telerob. Robot bertangan satu dari perusahaan Cobham ini meraih dua medali sekaligus. Telerob mendapat medali emas atas kemampuannya dalam penanganan bahan berbahaya, pencarian dan penyelamatan. Di samping itu, Telerob juga mendapat medali perak untuk fungsi pengawasan.

Sementara itu, pemenang kedua berasal dari European Logistic Partners (ELP). Robot bertangan satu ELP meraih medali perak atas penanganan bahan berbahaya, pencarian, dan penyelamatan.

DISCOVERY NEWS | ANINGTIAS JATMIKA

Baca juga:
Inilah 10 Smartphone Terbaik
Letusan Rinjani Spektakuler Hingga Alaska
BBM Lintas Platform Segera Rampung
Pesaing BBM, Samsung ChatOn Makin Digemari


Anda sedang membaca artikel tentang

Jerman Gelar Kompetisi Robot Tanggap Darurat  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/10/jerman-gelar-kompetisi-robot-tanggap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jerman Gelar Kompetisi Robot Tanggap Darurat  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jerman Gelar Kompetisi Robot Tanggap Darurat  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger