Lautan Luas Ditemukan di Bawah Es Bulan Saturnus  

Written By Unknown on Jumat, 04 April 2014 | 10.44

TEMPO.CO, Florida - Para ilmuwan menemukan sebuah lautan luas di bawah permukaan es Enceladus, bulan kecil yang mengitari Saturnus. Lautan tersebut diyakini diapit oleh lapisan permukaan es dan inti bebatuan.

Peneliti Italia dan Amerika Serikat menemukannya dengan bantuan Cassini, pesawat ruang angkasa milik NASA-Eropa yang hingga kini masih menjajaki Saturnus dan cincin-cincinnya hingga 2017 setelah diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, AS, pada 2000. Temuan mereka diumumkan pada Kamis, 3 April 2014, dan dimuat di jurnal Science. Jika benar, ini menjadi temuan terbaru atas samudra di angkasa luar. Samudra ini berada di kutub selatan Enceladus.

Meski begitu, menurut peneliti utama, Luciano Iess, dari Sapienza University di Roma, data tersebut tidak menunjukkan apakah lautan luas tersebut mencapai kutub utara. Paling tidak, menurut dia, perairan itu adalah wilayah laut di kedalaman 25 mil di bawah permukaan es. Di bumi, luas lautan itu setara dengan rentangan dari Kutub Selatan hingga Selandia Baru.

Peralatan dasar Cassini juga tidak dapat menentukan bisa-tidaknya laut di bulan Saturnus ini cocok bagi segala bentuk kehidupan. Untuk mengetahui dan meneliti secara detail hal tersebut, diperlukan misi lain menggunakan instrumen yang lebih canggih untuk penelitian. "Kendati demikian, temuan terbaru ini membuat  Enceladus sebagai tempat yang sangat menarik untuk mencari kehidupan," kata ilmuwan Cornell University, Jonathan Lunine, yang mengambil bagian dalam studi ini.

Pada 2005, Cassini mendeteksi segumpal awan dari celah-celah di daerah kutub selatan Enceladus. Para ilmuwan menduganya berasal dari uap air asin dan es yang mengandung beberapa molekul organik ringan seperti metana, yang mungkin berasal dari laut bawah permukaan.

Enceladus sendiri bukanlah satu-satunya bulan di sistem tata surya dengan lautan di bawah permukaan. Titan, bulan terbesar Saturnus, diyakini juga mempunyai lautan yang luas. (Baca:Ada Riak di Lautan Titan).

Selain Titan, Enceladus merupakan bulan di tata surya yang punya laut di bawah permukaan. Bulan raksasa Jupiter, Callisto dan Ganymede, juga diyakini memiliki waduk tersembunyi mirip dengan Enceladus. (Baca: Titan, Bulan Saturnus yang Kaya Minyak).


AP | TRIP B

Terpopuler:


Anda sedang membaca artikel tentang

Lautan Luas Ditemukan di Bawah Es Bulan Saturnus  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2014/04/lautan-luas-ditemukan-di-bawah-es-bulan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lautan Luas Ditemukan di Bawah Es Bulan Saturnus  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lautan Luas Ditemukan di Bawah Es Bulan Saturnus  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger